Rabu, 02 Maret 2011

Visit to Bontang...

kota bontang

Kota Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur. Letak geografisnya 0.137° LU dan 117.5° BT.

Di kota ini berdiri tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda,

1. Badak NGL (gas alam),

 Badak NGL

kapal-kapal tanker

2. Pupuk Kalimantan Timur (pupuk dan amoniak) dan

 PKT Bontang

 kawasan industri PKT


3. Indominco Mandiri (batubara)

 Indominko batubara

serta memiliki kawasan industri petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate. Kota Bontang sendiri merupakan kota yang berorientasikan di bidang industri, jasa serta perdagangan.


Kota Bontang selain terkenal karena ada tiga perusahaan itu, juga karena adanya keberadaan tim sepak bola, Bontang FC (dulu Bontang PKT) yang bermain di Superliga, Marching Band Bontang PKT binaan Pupuk Kalimantan Timur dan Marching Band Eroh Dahana Patra binaan Badak NGL. Sementara itu, studio siaran televisi lokal, LNGTV dan PKTV juga terletak di Kota Bontang.

stadion mulawarman

 gedung RSUD

Kota Bontang memiliki dua sekolah besar dan ternama, yaitu VIDATRA yang dibina oleh Badak NGL dan YPK binaan Pupuk Kalimantan Timur. Kantor pengurus Taman Nasional Kutai yang berada di utara Kota Bontang, juga berada di kawasan ini.

vidatra


YPK

Kota Bontang memiliki bandara yang dinamakan Bandar Udara Bontang/ Bandara PT Badak.

 bandara PT Badak

Semboyan Kota Bontang adalah "Kota TAMAN": "Tertib, Agamis, Mandiri, Aman dan Nyaman".


PATUNG SINGA MERLION  yang menjadi IKON Negara singapura Pindah (maksudnya ada juga) di kota BONTANG .. cuma ukuran dan bentuknya agak sedikit berbeda gan,klo yang di Bontang patungnya agak gedean dikit di banding di Singapura...
 merlion bontang

 nih patung terletak di selatan kota Bontang, tepatnya di daerah tanjung laut Jalan Pelabuhan. sebenarnya gan nih patung ada di sebuah Resto shingga resto yang ditempatinya menjadi sangat populer karena replika Patung Merlion yang menjadi ikon negara Singapura berdiri megah di sini lengkap dengan air mancur dari mulut patung. Tapi ukuran patung ditempat ini lebih besar daripada Merlion asli di Singapura. Kalau di Singapura berukuran 10,9 meter. Di Bontang patung ikan berkepala singa itu berukuran 11, 3 meter.

merlion bontang

Selain replika patung Merlion, kafe ini juga memiliki keramba yang berisi ikan kerapu dan kakap putih.
 Dari kafe yang luasnya 3 hektare itu bisa langsung melihat Pantai Marina.

 cafe kapal

 pantai marina

 
pantai marina

Pantai yang dulu sempat dibuka untuk wisata bahari. Tapi sayang seribu sayang, kini ditutup untuk umum karena faktor keamanan. Ini tidak berlebihan, letaknya yang berdekatan dengan kilang LNG membuat PT Badak bersikap selektif terhadap pengunjung...

lanjoot selanjutnya...

Pulau Beras Basah merupakan nama sebuah pulau di wilayah Kota Bontang yang terletak di sebelah selatan Kota Bontang, sekitar 7 km dari Kota bontang. Untuk menuju pulau ini, kita bisa menempuhnya dalam waktu 25 – 30 menit jika menggunakan speedboat. Ada beberapa tempat keberangkatan yang bisa kita tempuh untuk menuju Pulau Beras Basah antara lain : Jalur Bontang Kuala, Pelabuhan Tanjung Laut, Pelabuhan PT Badak dan Lok Tuan (selambai). Untuk transportasi, bisa menggunakan speed boat atau kapal klothok/ketinting milik nelayan, yang harganya bervariasi tergantung tujuan yang ingin kita kunjungi. Tarif untuk penyewaan kapal klothok nelayan sekitar Rp 200.000,- dengan kapasitas 5-6 orang. Rute yang paling singkat melalui Pelabuhan PT Badak yang dimiliki oleh PT Badak tetapi fasilitas ini hanya untuk karyawan dan keluarga PT Badak.
pulau beras basah

 
pulau beras basah

 pelabuhan pulau beras basah

Bontang Kuala terletak di bagian timur Kota Bontang. Bontang Kuala merupakan perkampungan diatas laut. saya juga heran perkamungan seluas itu semuanya di bangun di atas laut dan mayoritas bahan bagungan yg di gunakan adalah kayu. mulai jalan, polisis tidur halaman parkir mobil dll.

 bontang kuala

Bontang kuala adalah tempat yg istimewa untuk di kunjugi jika anda berkunjung ke kota Pupuk “Bontang” ini. Bontang Kuala juga merupakan sentra produksi terasi serta rumput laut dan ikan ikan laut .
 bontang kuala
Ada juga PULAU SEGAJAH Pulau ini ada di Wilayah Bontang Kuala, tentunya bukan karena ada Gajah yang berdiam di Pulau ini. Keunikannya ada pada waktu kunjung yang hanya dibolehkan Siang Hari, lebih tepatnya ketika Air Laut Surut sampai Sore ketika Air Laut akan Pasang. Dikarenakan adanya waktu berkunjung yang terjadwal, jadi harus merencanakan wisata ini dengan baik. disini air bersih dan pasir putih banyak bintang laut juga....

 pulau segajah

 
pulau segajah

ini yang baru.....
Bontang Lestari adalah kota baru dekat dengan bontang lama, dimana berlokasi kompleks pusat pemerintahan kota baru bontang. kompleks ini rencananya terdiri 10 unit bangunan 2-5 lantai. tetapi yang baru beroperasi baru 4 : kantor walikota, gedung DPRD, Kantor sekda dan depo arsip


kantor walikota



gedung DPRD


Jalan Akses ke kantor waikota


gedung yang masih dalam tahap konstruksi kantor dinas daerah dan kantor lembaga teknis daerah masing2 dua gedung..



gedung yang masih tahap konstruksi



masih banyak lagi hal menarik di Bontang... Ayo monggo silakan berkunjung ke kota ini....
recomended city dari ane... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar