Minggu, 13 Februari 2011

Grrrrr.... 1001 KISAH ALA OSPEK SIPIL

Solo,sekitar 7 tahun yang lalu….(waktu ospek critane)


jadi inget beberapa abad yang lalu waktu masih muda , lagi ikut ospek jurusan ane.


bangun pagi buta. pulang malem itu alhamdulillah, kadang2 mpe subuh je.. 
dihajar tugas2 gak jelas ugh..
untung udh lewat selamat dan utuh..

Dengan rambut kuncir 2 warna pita merah ngejreng, 
kulit kusam, muka pas2an, dan bau asam..
bahasa  logat khas jawa yang kental, ane ga beda jauh ama kongja (serial kungfu komang bagi yg ikutin)

dan para cowok dengan potongan gundul setengah sentinya lbih kaya korek api berjalan. ckckck.. sungguh nista..

Waktu itu lagi apel pagi seinget ane...
para maru (mahasiswa baru) lagi digiring kaya ternak dari boulevard ke gedung teknik buat mengikuti acara apel ospek dan senam yang malu2in 7 turunan, dgn gerakan yang ga jelas, eksotis wkwkwk ditonton seluruh fakultas...

Proses itu sendiri dikawal dan dibarikade oleh para k3 (bagian ketertiban panjangnya ane lupa) yang masang muka gahar-gahar dan ganas, kayak udah tiga hari ngga makan orang. Sambil tetap berbaris, maru dituntut untuk bergerak cepat agar tidak kehilangan waktu.

Karena kampus ane ingin menjunjung adat jawanya, kakak senior yang cowo dipanggil ‘kang’mas dan senior cewe dipanggil ‘mbakyu’, ada sedikit peraturan unik yang harus diterapkan ketika kita ospek.
Jadi, setiap melewati senior tatib, maru diwajibkan untuk menundukkan kepala dan  mengucapkan nyuwun sewu kangmas nyuwun sewu mbakyu, maksudnya untuk minta ijin ama mereka gitu dengan gerakan2 aneh juga.. (karena masih lugu2nya ane pada saat itu ya ane lakuin smua dng legowo ==> nama dosen ane)..

Dan satu lagi, waktu ospek maru diharuskan berpakaian rapi , ga boleh kurang satu atribut pun, seperti : baju harus dimasukin dan ikat pinggang harus keliatan (kaya jojon pokokna), papan nama kaya napi, ingus harus dilap, harus sisiran klimis , ga boleh kolor dikepala. Entah apa alasannya. Hidup memang penuh misteri. pramacutez's Avatar 

Ane: (berjalan paling depan dalam barisan karena jadi ketua tim critanya, bawa tampah segede rambu lalu lintas menuju tempat apel ospek bersama temen2 ane)
Senior :( ngeliatin ane)
Ane : (mulai gugup sambil mikir ‘ada yang salah nih’)
Senior : (masi ngeliatin gue…,mungkin dia suka ane pikir ane yang gr kegedean)
Ane : (mulai mikir…gimana cara tercepat buat nyantet orang)
Senior :(akhirnya manggil gue dan nanya) “mana sabuknya?”
Ane : (dengan bangga menunjukan sabuk yang baru kemaren ane beli di pasar klewer. Aman!)
Aha!!! Puas ane, dia sok-sok nanya ane, ga tau kalo dia kalo ane penuh persiapan! (yang ini ane becanda!)
Senior : “Yaudah jalan lagi kamu sana”
Ane : (mulai jalan lagi ngikuti barisan, senang dan bahagia),
beberapa meter kemudian…
Senior 2 :( mulai ngeliatin salah satu anggota ane si rio, kali ini gara2 dia ga pake kaos ospek gara2 kaga muat).. trus diganti kaos bola MU pa ga keren.. alhasil joging 2 puteran dia kena hukuman dan muntah2... wkwkwk..
 Ane :  (mulai pengen boker gara2 takut plus mules) karena bnyak masalah di anggota tim ane.. mulai  dari danang yang disuruh pidato ala soekarno gara2 ngefans soekarno di papan namanya, pokoknya banyak masalah di tim ane...
Senior 2 : (nanya sambil ngebentak) “sepatunya kenapa ada putihnya?” mau jadi artis ya pake gaya2 segala ga naati aturan..
Ane : (bingung, perasaan sepatu ane dah item, ternyata eh ternyata masyaalloh cuma ada contreng putih dikit merek dah disemprot abbis2an, dan sepatu baru ane lakban item biar puas tu senior)
Senior 2: ( masih juga melototin ane)…
Ane : (mulai mikir gimana cara bunuh diri yang paling murah)
Senior 2 : ( mulai nanya dalam hati,”ni anak lagi ngapain,idiot kali yah”)
Ane : (masi nyari2 apa lagi yang salah dalam atribut ane!)
akhirnya dia nyerah, sambil masang tampang ’bego-amat-sih-lo’ ke ane…
Senior 2 : (sambil nahan ketawa dia bilang) ”Yaudah,kamu jalan lagi aja”
Ane : (masi mikir… tadi ane salah apa yak!)

Akhirnya pas ane udah ngumpul di kelompok ane, teman ane pada ketawa-tawa dan bilang ya Alloh resletingmu knapa ga ketutup viy...,
“Ya ampun .. kalo ada lubang disitu rasanya ane mau nyemplung situ ae saking malunya.. duh Gusti Alloh ”
Bagus. Belom nyampe 1 bulan di sipil ane udah terkenal cerobohnya. Bukan cara yang keren untuk memulai pertemanan dan perkuliahan.

tapi setelah satu tahun ane kuliah,masih ada temen ane yang ingetin sambil ketawa-tawa.
 dan ane klo inget tu kejadian pengen benturin2 pala ke tembok. rielia's Avatar

masih banyak sich crita2 edan lainnya seperti tim ane jadi DPO (daftar pencarian orang) gara2 aksi boikot tim ane, tapi untuk lebih baiknnya disensor, karena menyangkut nama baik ane dan temen2 ane.. ospek oh ospek.. ane kangen ospek...  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar